Sejak 1 November hingga 15 Desember 2023, PT Rekayasa Industri (Rekind) berpartisipasi di kompetisi bergengsi, Data Heroes, yang diselenggarakan oleh Tim Data Science Pupuk Indonesia. Sebanyak 122 peserta berpartisipasi, hadir  dari seluruh Anak Perusahaan  PT Pupuk Indonesia (Persero), dengan satu pengecualian: kompartemen IT atau data science.

Dari tahap awal pendaftaran hingga pemilihan ide, presentasi, bootcamp, hingga penghargaan, Rekind mampu menunjukkan dedikasi dan komitmen terbaiknya. Dari 40 ide awal yang terpilih, Rekind berhasil menyaring 7 ide unggulan yang akan mendapatkan bimbingan khusus menggunakan berbagai tools data analytic, terutama dalam penerapan kecerdasan buatan (AI) dan machine learning.

Ide yang diangkat oleh delegasi Rekind antara lain; Indri Atmoko – Project Text Mining Data Analysis, Nico Oktora – Project Bot Telegram Project Portfolio, Fian Ardiyana – Project Steel Weight Forecasting, Fandy Maulana S R – Project Cost Management Rendezvous, Cintya Nandini – Project Profit Project Correlation, dan Firas Pradickto – Project Clustering Comprehensive Risk Mitigation.

Setelah melalui proses seleksi yang ketat, 20 ide terbaik dari seluruh peserta berhak mengikuti bootcamp intensif. Dari Rekind terpilih lima peserta yang secara khusus ikut dalam bootcamp untuk memperdalam tentang penggunaan Tools Snowflake dan Dataiku. Selama bootcamp, Delegasi  Rekind mendominasi, dengan menyelesaikan tugas secara gemilang. Tidak hanya itu, Delegasi Rekind  juga memperoleh  kehormatan menjadi perwakilan seluruh tim mini hackathon pada Sesi Snowflake.

Pencapaian Rekind tidak berhenti di situ; mereka juga terpilih dalam kategori penanya terbaik, responder terbaik, dan peserta teraktif dalam sesi Dataiku. Puncak kemenangan mereka tercapai saat sesi awarding, di mana Rekind meraih tiga penghargaan bergengsi. Firas mempersembahkan Juara Harapan 1, Fandy meraih Juara Harapan 2, dan Nico menyumbangkan Galactic Idea.

Dengan ilmu dan pengalaman yang diperoleh dari event Data Heroes, Rekind optimistis bahwa kontribusi mereka dapat menjadi landasan untuk memperbaiki berbagai aspek perusahaan. Selain itu, mereka berharap dapat berbagi pengetahuan ini kepada seluruh Rekindist, membuka wawasan yang lebih luas dan menciptakan lingkungan yang inovatif dan dinamis. Keberhasilan ini membuktikan bahwa semangat pantang menyerah dan semangat inovasi dapat membawa perusahaan menuju puncak kesuksesan.