Saat ini, PT Pupuk Indonesia (Persero) tengah mempersiapkan langkah strategis untuk bisa  melahirkan sumber daya manusia (SDM) berstandar internasional.  Langkah strategis ini juga menyasar bagi seluruh SDM di bawah naungan Pupuk Indonesia (PI) Group,  sebagai bentuk transformasi dan inovasi  perusahaan yang dikomandani Rahmad Pribadi sebagai Direktur Utama PI.

Untuk mencapai target tersebut, Badan Usaha Milik Negara yang bergerak di bidang produksi pupuk dan kimia itu, saat ini sedang ‘menggodog’ penerapan transformasi human capital yang mengacu pada tiga inisiatif strategis. Pertama, memperkuat organisasi melalui strategi talenta yang lebih baik. Kedua, memperkuat talent sourcing, keberagaman, rasa keterikatan terhadap perusahaan, dan afiliasi karyawan. Ketiga, menciptakan budaya perusahaan yang kolaboratif dan berkinerja tinggi.

Sosialisasi penerapan itu dilakukan oleh Direktur SDM, Tata Kelola & Manajemen Risiko PI, Tina T. Kemala Intan yang saat ini intens terjun langsung ke seluruh perusahaan PI Group.  Jumat (20/10), Rekind ditunjuk sebagai tuan rumah penerapan sosialisasi yang  bertajuk Sosialisasi Enhanching Organizational Capabilities di lingkungan PI Group.

Kegiatan sosialisasinya dipimpin langsung oleh Tina T. Kemala Intan itu, juga dihadiri para talent Board of Director (BOD)-1, BOD-2, dan BOD-3 dari Anak Perusahaan (Anper) PI non pupuk lainnya, seperti PI Logistik, PI Pangan, PI Utilitas, dan PI Niaga.

Dalam sosialisasi tersebut, dijelaskan bahwa Pupuk Indonesia saat ini sedang menyiapkan SDM berkelas dunia  yang diawali dengan memperkuat strategi pemilihan talenta. Di antaranya seperti pemilihan karyawan yang berkinerja unggul, penerapan nilai-nilai utama AKHLAK, memiliki kompetensi serta learning agility yang dipersyaratkan untuk menghadapi tantangan ke depan, selanjutnya para talenta unggul (top talent) diterjunkan ke berbagai proyek strategis yang terbukti memiliki dampak positif terhadap EBITDA (Earning Before Interest, Taxes, Depreciation, and Amortization). Tujuannya untuk meningkatkan kapabilitas perusahaan.

Dari sisi para talenta ini, benefit yang diperoleh adalah pengembangan pribadi dan karir. Pada prakteknya, pengembangan bakat (talent mobility) yang akan diterapkankepada para talent ini terdiri dari 4 model yaitu dari holding ke Anak Perusahaan (Anper), dari Anak Perusahaan ke holding, dari Anak Perusahaan besar ke Anak Perusahaan kecil, dan dari Anak Perusahaan kecil ke Anak Perusahaan besar.

Setiap talent diminta untuk selalu siap berkontribusi unggul dan membawa perubahan positif di manapun ditugaskan. Harapannya, PI Group akan tumbuh menjadi perusahaan besar berkelas internasional serta membawa kebaikan yang jauh lebih banyak bagi bangsa.