PT Rekayasa Industri (Rekind) menggelar edukasi dalam bentuk  pelatihan, pencegahan dan penangulangan kebakaran bagi Warga Kalibata, Jakarta Selatan.

Pelatihan yang digelar pada Sabtu (5/8) di Gedung  ROB 2, Kantor Pusat Rekind tersebut bekerjasama dengan Dinas Pemadam Kebakaran Jakarta Selatan. Ada sekitar 70 peserta yang mengikuti pelatihan bersertifikasi ini, terdiri dari para Ketua RT di wilayah RW 08 Kelurahan Kalibata, Pengurus Karang Taruna, Tim Penggerak PKK, anggota Lembaga Musyawarah Kelurahan (LMK) dan perwakilan ormas. Hadir langsung dalam kegiatan VP Comdev & TJSL Rekind –  Herman Susatyo, Dwi Pudyasmoro – VP CSV PT Pupuk Indonesia (Persero), Plt Lurah Kalibata, Hifzilah, Edy Sunarto dan Rolly selaku pemateri serta Satgas Pemadam Kebakaran Kelurahan Kalibata.

“Pelatihan ini merupakan bentuk perwujudan Rekind dalam menjalin sinergi yang kuat dengan masyarakat, khususnya di wilayah yang paling dekat dengan kegiatan operasi kami. Apalagi, wilayah Kalibata  merupakan area terdekat dengan kami  dan dikenal padat penduduk, sangat dengan ancaman bahaya kebakaran. Jika tidak melakukan upaya yang tepat dalam mencegah kebakaran dapat mengakibatkan korban jiwa. Ini yang harus kita antisipasi, sekaligus menjadi latar belakang kegiatan ini,” ujar Edy Sutrisman, SVP Corporate Secretary & Legal Rekind di tempat terpisah.

Apalagi, di masyarakat kesadaran  akan pentingnya pencegahan kebakaran dan penanggulangan dini terhadap bahaya kebakaran, dirasakan masih sangat kurang. Sehingga musibah kebakaran tidak terelakkan dan dampaknya mengakibatkan banyak kerugian.  “Mengantisipasi  terjadinya kebakaran dibutuhkan peran, pemahaman dan kerjasama antara masyarakat dan perusahaan,” sergah Herman Susatyo.

Menurutnya, banyak faktor yang bisa mempercepat terjadinya kebakaran. Faktor-faktor tersebut kadang kurang menjadi perhatian oleh kebanyakan orang, padahal upaya pencegahan kebakaran lebih mudah dan lebih murah, dibandingkan upaya penanggulangannya.  Karena itulah, dalam pelatihan ini upaya pencegahan kebakaran lebih diutamakan.

“Upaya pelatihan ini sangat bagus. Pelatihan ini mengedepankan upaya-upaya pencegahan terjadinya kebakaran. Ketika upaya pencegahan kebakaran bisa dikedepankan maka upaya penanggulangan tidak perlu dilakukan,” ungkap Hifzilah.

Masyarakat yang mengikuti pelatihan, diharapkan saat  berada di lingkungan dan mengetahui awal mula terjadinya kebakaran, diharapkan lebih aktif bertindak sebelum petugas-petugas pemadam kebakaran datang ke lokasi kejadian. Dengan pencegahan awal bisa meminimilaisir terjadinya kerugian yang lebih besar.

Selain memberikan bekal pelatihan dan penanggulangan kebakaran, melalui dukungan dari PT Pupuk Indonesia (Persero) selaku holding, Rekind juga menyerahkan bantuan Alat Pemadam Api Ringan  (APAR) yang dikhususkan bagi Kelurahan Kalibata, masing-masing RT di RW 08 dan sejumlah ormas.