Alex Dharma Balen Raih Penghargaan CEO Talent  Development  di Ajang Anugerah BUMN 2021

Kiprah PT Rekayasa Industri (Rekind), salah satu perusahaan milik bangsa yang bergerak di bidang penyedia jasa Engineering, Procurement and Construction (EPC)  semakin berkibar. Bahkan, di tengah gempuran Covid 19 sekalipun, Rekind terus berupaya menjaga konsistensinya untuk tetap  bergerak maksimal dalam mendorong pertumbuhan dan pencapaian kinerjanya melalui tata kelola perusahaan yang baik.
Langkah strategis ini ditekankan betul oleh  Alex Dharma Balen, Direktur Utama Rekind. Sosok  yang menakhodai Rekind sejak September 2020 itu paham benar ke mana arah perjalanan perusahaan yang dipimpinnya, terutama saat menghadapi kompleksnya tantangan di era pandemi seperti sekarang. Langkah strategi paling vital dan jadi salah satu perhatian utama Alex Dharma Balen adalah mempertahankan eksistensi kerja di semua lini proyek yang tengah dijalankan Rekind.  Sebab, tidak sedikit proyek strategis nasional yang pengerjaannnya dipercayakan kepada perusahaan EPC yang berdiri sejak 12 Agustus 1981 tersebut.
Strategi yang ditekankannya, menjaga kesehatan dan keamanan sumber daya manusia (SDM) Rekind dari pandemi Covid 19, melalui pencegahan penyebaran virus dan menjaga produktivitas.  Selain itu, mengevaluasi dampak pandemi ke peluang bisnis perusahaan, dengan memperhatikan  rasionalisasi pasar dan peluang bisnis serta update data pasar saat pandemi. Langkah yang tidak kalah penting dilakukan adalah mengevaluasi dampak pandemi ke setiap proyek yang berjalan melalui mitigasi risiko dan peningkatan support.  Alex Dharma Balen beserta Direksi lainnya pun juga terus mengevaluasi ketat dampak pandemi ke rencana kerja perusahaan agar tetap bisa berjalan maksimal.
Atas strategi yang dikedepankannya tersebut, Alex Dharma Balen dianugerahi Penghargaan sebagai CEO Talent Development Anak Perusahaan BUMN Terbaik di ajang Anugerah BUMN 2021.  Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Tanri Abeng, mantan  Menteri Negara Pendayagunaan BUMN ,   kepada Triyani Utaminingsih  Direktur Keuangan dan SDM Rekind,  mewakili Alex Dharma Balen,  di The Ritz Carlton, Mega Kuningan,  Jakarta, Kamis (8/4). 
“Kami sangat mengapresiasi atas penghargaaan yang diberikan melalui  penyelenggaraan Anugerah BUMN 2021 ini. Secara tidak langsung  turut mendorong pertumbuhan dan pencapaian kinerja perusahaan di masa Pandemi Covid 19 melalui tata kelola perusahaan yang baik, pengelolaan SDM yang berdaya saing tinggi dan memaksimalkan kontribusi nyata perusahaan bagi masyarakat,” ujar Alex Dharma Balen dalam keterangannya.
Untuk mewujudkan itu, tidaklah mudah, Alex Dharma Balen mengarahkannya melaui transformasi organisasi yang pijakannya pada penyempurnaan organisasi dan fokus pada strategi pengembangan EPC yang  On Schedule, On Budget dan On Quality.
Melalui Transformasi ini Rekind tetap berkomitmen untuk bergerak di bidang energi, kimia, dan mineral, namun dengan kontribusi yang lebih luas melalui pengembangan teknologi, investasi dan  sinergi di setiap proyek yang dikerjakannya.
Upaya ini  selaras dengan inisiatif pengembangan bisnis Rekind saat ini yang menitikberatkan pada pengembangan energi baru terbarukan (EBT) baik secara langsung maupun tidak langsung.  “Inisiatif ini akan dikembangkan lebih lanjut untuk mendukung arah transformasi menuju smart dan lean EPC, pengembangan teknologi bidang EBT dan mineral, circular economy serta konservasi energy. Kira-kira inilah langkah-langkah penting yang dilakukan Rekind dewasa ini dan menjadi kontribusi penting dalam meningkatkan eksistensi perusahaan secara berkesinambungan,” tandas Alex Dharma Balen.
Semoga melalui strategi dan transformasi yang dikembangkannya, Rekind mampu mewujudkan dirinya untuk menjadi perusahaan EPC kelas dunia yang terintegrasi, karena faktanya  di tingkat nasional maupun global kinerja Rekind selalu memperoleh pengakuan terbaik. Kontribusinya pun  dalam meningkatkan pertumbuhan ekonomi di Indonesia juga semakin konkret terlihat.