Rekind Terima Sertifikat Substantial Completion Date untuk Proyek Rantau Dedap

PT Rekayasa Industri (Rekind) menerima Substantial Completion Date Certificate dari PT Supreme Energy Rantau Dedap (SERD) untuk proyek Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Rantau Dedap 2 x 49,2 MW pada tanggal 2 September 2022.

Penyerahan sertifikat yang dilaksanakan pada 2 September 2022 menandakan, SERD selaku owner secara resmi mengakui Rekind telah merampungkan seluruh pekerjaan EPC di PLTP yang berkapasitas 2 x 49,2 MW dan terletak di Kabupaten Muara Enim, Kabupaten Lahat dan Kota Pagar Alam, Sumatra Selatan itu. Setelah itu dilanjutkan dengan memulai masa warranty yang diberlakukan sejak 19 Juni 2022.


Sertifikat ini diserahkan langsung oleh President Director SERD, Nisriyanto kepada Direktur Utama Rekind, Triyani Utaminigsih didampingi dari Fuji Electric Representative, Takeda.
“Di tengah Pandemi Covid-19 dan sejumlah tantangan besar yang dihadapi, Rekind tetap memberikan yang terbaik untuk penyelesaian Proyek PLTP Rantau Dedap.

Upaya ini juga merupakan bentuk komitmen Rekind dalam mendukung program percepatan pembangunan pembangkit listrik di Indonesia dan meningkatkan peran energi baru dan terbarukan dalam mewujudkan ketahanan energi bangsa yang berkelanjutan,” ujar Direktur Utama Rekind, Triyani Utaminingsih.

 

Di bawah bendera konsorsium bersama Fuji Electric, lingkup pekerjaan Rekind dalam proyek PLTP Rantau Dedap cukup luas. Mencakup pekerjaan engineering, procurement, konstruksi, commissioning BOP dan pre-commissioning. Kesemuanya dilakukan secara mandiri oleh putra-putri terbaik Rekind dengan penuh tantangan dan upaya keras dari team proyek guna     tercapainya tujuan menyelesaikan proyek ini dengan baik.

Namun diakuinya, untuk mewujudkan itu tidak sedikit tantangan yang dihadapi. Mulai dari banyaknya pekerja proyek terpapar Covid 19. Sulitnya mengangkut material berat karena jalan menuju lokasi proyek yang rentan terhadap terjadinya longsor, tanjakan ekstrim serta kondisi jalan berbatu. Temperatur suhu yang rendah (rata-rata di area proyek 10°C -15°C) hingga ancaman dari binatang liar/buas terhadap pekerja juga kerap dihadapi. “Meskipun demikian dalam merampungkan pengerjaan proyek ini Rekind selalu berusaha memberikan yang terbaik. Setiap pekerjaan yang kami lakukan harus terukur dan terencana dengan tepat,” tambahnya.