Rekind Bantu Wujudkan Kampung Tangguh Jaya di Wilayah Kelurahan Kalibata

Bekerjasama dengan Kepolisian Sektor (Polsek) Pancoran, Kelurahan Kalibata dan 10 pengurus Rukun Warga (RW) di wilayah tersebut, PT Rekayasa industri (Rekind) membantu mewujudkan lahirnya Kampung Tangguh Jaya.
Kampung Tangguh Jaya merupakan  program penanggulangan Covid 19 yang diprakarsai Polda Metro Jaya, Kodam Jaya dan Pemprov DKI Jakarta. Langkah kegiatan ini juga seiring dengan upaya Presiden Joko Widodo yang tengah   menggencarkan program Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM) dengan menggandeng komunitas mulai dari tingkat RT, RW dan masyarakat luas.
Melalui Kegiatan Corporate Social Responsibility (CSR), Rekind berpartisipasi melalui sejumlah bantuan penunjang Kampung Tangguh Jaya bagi 10 RW di Kelurahan Kalibata, Pancoran, Jakarta Selatan.  Bantuan tersebut berupa, 16 alat semprot desinfektan beserta 160 liter cairannya. Kemudian 8 unit handwasher portable dan 80 liter sabun cair,  80 buah baju APD, 1600 masker dan 80 strip vitamin C.
Penyerahan bantuan dipusatkan di Mapolsek Pancoran, Jalan Warung Buncit Raya No.124, Pancoran, Jakarta Selatan. Dipimpin langsung Kapolsek Pancoran Kompol Rohman Yonky Dilatha, Sik, Msi. Disaksikan Koordinator CSR PKBL Rekind Dodi Hamda Fisthori,  Lurah Pancoran, Maman Sumarman dan sejumlah pengurus RW di lingkungan Kelurahan Kalibata.
“Kami sangat bersyukur atas dukungan yang diberikan Rekind bagi eksistensi Kampung Tangguh Jaya ini.  Nantinya barang-barang ini akan kami estafetkan kepada masyarakat sekaligus untuk mengingatkan agar bantuan  yang diberikan dijaga dan dipelihara dengan baik. Sekali lagi, kami sangat mengapresiasi bantuan yang bertujuan mewujudkan sinergi yang kuat antar lembaga dan masyarakat guna memutus mata rantai penyebaran Covid 19, khususnya di wilayah Kelurahan Kalibata,” terang Yonky.
Program Kampung Tangguh Jaya diharapkan mampu meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kesehatan, terutama sebagai upaya mengendalikan dan memutus penyebaran Covid 19. Masyarakat diajak berpartisipasi aktif, empati dan bergotong royong dalam membangun menciptakan sejumlah fasilitas seperti sistem keamanan satu pintu melalui penyemprotan desinfektan, sarana cuci tangan dan posko kesehatan.
Menurut Lurah Kalibata, Maman Sumarman, kegiatan Kampung Tangguh Jaya juga menitik beratkan edukasi sekaligus terus mengingatkan tentang pentingnya protokol kesehatan, terutama di zona kuning dan hijau. Sedangkan untuk zona orange dan merah kita lebih menekankan bantuan bagi warga yang tengah melakukan isolasi mandiri dan memperketat jalur keluar masuk warga di zona tersebut.
“Alhamdulillah dengan bantuan yang diberikan Rekind kami optimis apa yang kita canangkan dalam program Kampung Tangguh ini bisa berjalan maksimal sesuai harapan kita bersama,” tambah Maman Sumarman.