Penandatanganan Kontrak EPCC Total Project Panas Bumi Kamojang 1×35 M

Puji dan syukur kita panjatkan kepada Allah SWT  atas rahmatNya dipenghujung bulan suci Ramadhan, Rekind menandatangani  dokumen Kontrak EPCC Total Project Panas Bumi Kamojang 1×35 MW, yang berlangsung pada hari Jumat, 2 Agustus 2013, di kantor Pertamina Geothermal Energi  (PGE) – Jakarta. Dokumen kontrak ditandatangani oleh Bapak Adriansyah – Direktur Utama  PGE dan Bapak M. Ali Suharsono – Direktur Utama Rekind dan Mr. Matsunoki – perwakilan dari Sumitomo Corporation. Hadir pula dalam acara tersebut Bapak Alex Dharma  Balen (Direktur Operasi 1 Rekind), Bapak Eddy Herman Harun (Direktur  Operasi 2 Rekind)  dan tamu undangan lainnya.
Proyek Kamojang Unit V  yang berlokasi di Garut ini dimiliki oleh  PGE dan akan diselesaikan dalam kurun waktu 23 bulan oleh Konsorsium Rekind – Sumitomo. Seluruh lingkup pekerjaan EPCC (pekerjaan konstruksi dan sebagian besar peralatan utama Mekanikal – Elektrikal serta seluruh sistem Utility di Power Plant akan dilaksanakan oleh Rekind pada area FCRS (Fluid Collection & Reinjection System). Untuk lingkup kerja Sumitomo meliputi pengadaan Steam Turbine Generator (STG) dan sebagian peralatan utama Mekanikal, Control dan Instrument . Sedangkan lingkup kerja Power Plant  dilakukan Rekind bersama dengan Sumitomo. Tujuan dari pembangunan proyek ini adalah untuk menunjang program pemerintah dalam pembangunan pembangkit listrik menggunakan Energi Baru dan Terbarukan sehingga dapat menambah persediaan listrik yang dibutuhkan untuk industri dan pemukiman yang  saat ini permintaannya semakin tinggi. Selain itu, output dari proyek ini dapat menghemat penggunaan minyak yang semakin langka dan semakin mahal, dimana penghematan biaya penggunaan bahan bakar minyak diperkirakan mencapai 1,6 Milyar USD, belum termasuk CDM (Clean Development Mechanism) / hasil transaksi Carbon Credit dan kelebihan lain dari Energi panas bumi adalah merupakan sumber daya yang ramah lingkungan sehingga penggunaannya didalam pembangkit listrik tidak menimbulkan polusi dan kelestarian lingkungan, pepohonan di lingkungan tersebut tetap terjaga.
Prestasi Rekind yang terlibat langsung secara aktif dalam pembangunan sumber energi listrik Panas Bumi patut dibanggakan dengan berhasilmembangun 11 Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi dengan total kapasitas 647 MW dalam kurun waktu 10 tahun terakhir ini .  Selamat kepada Bapak Abdul Latief yang akan memimpin team proyek Kamojang 1 x 35 MW ini sebagai Project Manager. Semoga  dalam pelaksanaan proyek ini, PGE dengan Konsorsium Rekind – Sumitomo dapat bekerja sama dengan baik sesuai dengan harapan, lancar dan tepat waktu.

-Corporate Secretary-