Jaga Kondusifitas Proyek RDMP RU-VI Balongan Phase 1 Rekind Pererat Sinergi dengan Korem 063/ Sunan Gunung Jati Cirebon

Sebagai upaya menjaga keberlangsungan kegiatan proyek yang dikerjakan PT Rekayasa Industri (Rekind), berbagai langkah dan upaya terus dilakukan. Tidak hanya fokus pada kegiatan pekerjaan saja di lapangan, tetapi juga menciptakan sinergi yang kokoh, baik dengan masyarakat maupun pihak pertahanan – keamanan selaku bagian dari aparat penegak hukum.
Rabu 30 Maret 2022, Komandan Korem (Danrem) 063/ Sunan Gunung Jati Cirebon, Kolonel Inf. Dany Rakca SAP menerima kunjungan Rekind yang diwakili Kadarriswan, Chief Community Development & Project Security untuk Proyek EPC CDU Light Distilate Section Upgrading RDMP RU-VI Balongan Phase 1.
Selain membangun sinergi, pertemuan hari itu yang kebetulan disaksikan langsung oleh Letkol Inf Andik Siswanto Komandan Kodim (Dandim) Majalengka, merupakan pertemuan silahturrahmi, karena Kolonel Inf. Danny Rakca SAP baru saja menempati pos barunya sebagai Danrem 063/Sunan Gunung Jati Cirebon menggantikan Kolonel Inf. Elkines Vilando K.
“Bagi kami kekuatan sinergi ini sangat penting, terutama dalam menciptakan situasi kondusif proyek yang dikerjakan Rekind. Dengan demikian  apa yang kami lakukan bisa berjalan sesuai harapan, tepat waktu, hemat biaya dan mampu meningkatkan angka keselamatan kerja,” ungkap Faisal AR,  Project Manager Rekind di Proyek EPC CDU Light Distilate Section Upgrading RDMP RU VI Balongan Phase1 dalam satu kesempatan terpisah.
Di samping  melakukan pekerjaan terbaiknya, lanjut Faisal,  Rekind juga berkomitmen untuk terus berkontribusi aktif bagi pengembangan daerah, khususnya masyarakat di 10 Desa di wilayah Kecamatan Balongan, Indramayu, Jawa Barat, yang keberadaannya sangat dekat dengan kegiatan proyek yang dikerjakan Rekind.
Kolonel Inf. Danny Rakca SAP menyambut postif komitmen tersebut. Dia menegaskan, pihaknya akan selalu memberikan dukungan maksimal agar kegiatan proyek bisa berjalan lancar tanpa kendala apapun. “Kami selaku aparat pertahanan negara menyambut positif sinergi ini. Hakekatnya tugas kami  adalah membantu melakukan pembinaan masyarakat dan menjaga kondusifitas obyek-obyek vital milik negara, seperti halnya Proyek CDU Light Distilate Section Upgrading RDMP RU-VI Balongan,” tegas  Kolonel Inf. Danny Rakca SAP.
Menjaga kondusifitas masyarakat di lingkungan Proyek tidak mudah dilakukan, tapi bukan mustahil untuk dikerjakan. Perlu strategi-strategi khusus yang harus dikedepankan, terkadang tidak bisa diterima nalar, tapi mengena di masyarakat.
Meskipun begitu, Rekind terus menggali berbagai potensi yang ada di masyarakat. Mereka dirangkul dan  juga diberikan  kesempatan untuk bisa berkontribusi besar pada proyek strategis nasional, yang berdiri di atas tanah kelahiran mereka.  “Alhamdulillah, kini mereka yang tadinya bukan apa-apa, sekarang mampu melaksanakan beragam pekerjaan di lingkungan project sebagai rekanan. Bahkan ada rekanan yang mampu menjangkau pekerjaan skala nasional  melalui proses learning by doing yang diberikan Rekind lewat cakupan tugasnya di   Proyek CDU Upgrading RDMP RU – VI Balongan Phase 1 ini,” ungkap Kadarriswan.
Selain tenaga kerja lokal, fokus  perhatian Rekind juga berpijak pada pemberdayaan dan pembinaan potensi kaum milenial setempat, seperti dalam menunjang usaha bengkel sepeda motor yang mereka geluti sejak tahun 2016. Dimotori anak-anak muda yang tergabung dalam  wadah Karang Taruna Kecamatan Balongan di Desa Sukaurip, Indramayu, Jawa Barat.
Hubungan baik dan pembinaan yang dilakukan Rekind, bisa dikatakan berhasil, karena para pemuda ini semakin mandiri, percaya diri dan bisa membuka wawasan lebih luas untuk mengembangkan skill yang dimilikinya melalui proses pembelajaran yang ditularkan Rekind.